Skip to content

Membangun komunitas di Gadget Blackberry

June 19, 2013

Membangun komunitas BB
.
Sebuah perusahaan yang sehat umumnya memiliki beberapa bagian: sumber daya (resources), produksi, distribusi, hubungan masyarakat (customer service), perawatan dan perbaikan (maintenance dan repair). Saat semuanya tergantung dari satu orang, maka perusahaan itu tidak akan bisa bertahan lama.
.
Selama 2 tahun saya membangun pelayanan grup BB, hingga terakhir ada 16 grup pembawa api (PA, PA2, dst PA16), total grup yang saya tangani ada 26 grup. Saat BB hilang, saya merenungkan banyak hal, dan ini salah satu hal yang Tuhan jelaskan: saya menangani semua fungsi yang ada dalam sebuah perusahaan tersebut seorang diri. Saya cari ringkasan-ringkasan khotbah, susun ringkasan sendiri, atur kapan harus posting, seleksi pengumuman-pengumuman, meng-koneksi-kan satu orang dengan yang lain, dan banyak hal lagi.
.
Alkitab berkata bahwa kita adalah tubuh Kristus, Yesus jadi kepala, dan semua orang lain punya bagian dalam tubuh Kristus itu. Ada yang jadi mata, telinga, tangan, kaki, jantung, kulit, otot, tulang, syaraf, dll. Alkitab juga menggambarkan hubungan antara manusia dengan Tuhan, dan antara satu anak Tuhan dengan anak Tuhan yang lain sebagai sebuah keluarga.
.
Selama ini saya terbukti bisa menjalankan semua pelayanan seorang diri, tapi tujuan Tuhan bukan itu. Tuhan mau semua anak-anakNya tidak hanya jadi bayi rohani, tapi bertumbuh dan belajar, menemukan posisi dan tugas mereka di tiap-tiap komunitas di mana mereka Tuhan tempatkan, baik itu komunitas dunia nyata (RT/ masyarakat, lingkungan kerja, gereja) atau dunia maya (BB, FB, dll). Setelah bertumbuh menuju dewasa, maka Tuhan akan percayakan banyak hal: berkat, kehormatan, kemudahan, kebanggaan, dan yang terpenting: hatiNya.
.
Hati Tuhan ada pada jiwa-jiwa. Bukan hanya kepada mereka yang belum diselamatkan, tapi juga kepada semua orang yang sudah selamat. Tuhan mau semua orang yang sudah Dia tebus tergembalakan dengan baik, sehingga bisa bertumbuh secara sehat, dan akhirnya menghasilkan buah-buah yang baik: karakter, buah-buah Roh, jiwa-jiwa yang lain.
.
Setelah bertumbuh semakin dewasa, Tuhan kemudian akan kirimkan anak-anak Tuhan lain yang belum dewasa secara rohani. Tujuannya supaya kita bisa dampingi, didik, latih, mentor, tuntun, arahkan mereka sampai menemukan talenta dan posisinya di dalam tubuh Kristus, bahkan hingga mereka jadi pemimpin-pemimpin baru yang bisa menggembalakan lebih banyak lagi domba Tuhan.
.
Ciri-ciri orang yang berpotensi untuk menjadi calon pemimpin: meresponi dengan aktif, perduli, mau “repot”, cinta Tuhan, menerima kritik dengan tenang dan bijaksana. Jika menemukan yang seperti ini, segera rekrut. Tunjukkan caranya, semua fasilitas yang Tuhan akan buka, juga resiko-resikonya. Beri kesadaran bahwa Tuhan membutuhkan banyak pemimpin untuk membimbing jiwa-jiwa yang belum dewasa rohaninya. Ketika seseorang bersedia, beri kebebasan untuk bertindak, jika ada hal-hal yang harus diingatkan maka lakukan secara japri.
.
Semua yang saya tulis ini sudah saya coba terapkan, dan sedang dalam proses membangkitkan pemimpin-pemimpin baru. Dengan hilangnya BB saya, saya harap admin yang sudah diberikan kepercayaan bisa berperan lebih aktif.
.
Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. (1 Ptr 5: 2)
.
Salah satu bentuk perbuatan yang menyatakan bahwa kita mengasihi Tuhan adalah MAU ikut menggembalakan domba-domba Tuhan.
.
Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.”
Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” (Yoh 21: 15b)
.
Berikut ini saya coba share beberapa hal-hal praktis yang bisa diterapkan seorang admin grup BB:
1. Jangan pernah mematikan notifikasi, sediakan diri untuk bisa dihubungi sewaktu-waktu.
.
2. Aktifkan auto-save semua chat dan gambar
.
3. Sediakan jalur alternatif untuk menghubungi: telp, FB, YM, eMail, dll.
.
4. Gunakan paket full-service.
.
5. Pastikan arah, visi dan sifat grup.
.
6. Pikirkan cara-cara kreatif sehingga antar anggota grup bisa saling mengenal dan ada komunikasi satu sama lain.
.
7. Arahkan setiap posting:
7.1. Beri gambaran global/ ringkasan untuk link video atau berita, sehingga bisa dibedakan mana yang trojan/ virus atau posting sebenarnya.
7.2. Pertimbangkan konten/ isi dari posting: apakah benar/ fakta atau gosip atau opini? Apakah memuliakan nama Tuhan? Atau malah menimbulkan ketakutan, kekhawatiran, kemarahan, rasa jijik, dll?
7.3. Pertimbangkan sebelum mem-posting hal-hal yang bisa menghilangkan damai sejahtera kita. Pastikan kita adalah pemberita Firman Tuhan, bukan pembawa berita dari setan.
.
8. Kenali keterbatasan BB, atur sehingga tidak membebani BB member:
8.1. Room chat cukup 3, maksimal 4.
8.2. Jumlah gambar maksimal 10
.
9. Posting hal-hal positif secara berkala: renungan harian, kisah motivasi, dll. Jangan lupa cantumkan sumbernya! Beri contoh member untuk menghargai hasil karya orang lain.
.
10. Luangkan waktu untuk membaca postingan semua member lain, beri contoh meresponi dengan benar terhadap postingan seseorang: beri apresiasi, ucapkan terima kasih, dll. Jika postingannya tidak membangun, ingatkan dengan bijaksana.
Lihat potensi member, beri kepercayaan sebagai admin untuk member yang punya potensi dan perduli. Setiap grup minimal ada 4 admin.
.
11. Meletakkan member baru di grup yang mayoritas berasal dari kota yang sama akan sangat membantu member baru tersebut untuk menemukan komunitas rohani di dunia nyata.
.
12. Hindari gurauan yang menyangkut hal sensitif dan merendahkan:
> Berat badan, usia, jodoh – untuk wanita
> Penghasilan, pekerjaan – untuk pria.
.
13.Usahakan untuk copas artikel yang kita anggap penting dan bisa membangun. Karena tidak semua BB nya full service, dan tidak semua mau membuka link yang kita share.
.
14. Jika artikel terlalu panjang, jangan dibagikan sekaligus. Bagi jadi beberapa bagian, beri jarak waktu untuk masing-masing posting sehingga terbaca oleh semua member. Idealnya setiap postingan maksimal 3 atau 4 scroll.
.
15. Rajin mem-backup BB, tambah wawasan dan pengetahuan kita tentang gadget BB.
Kenali potensi konflik antar member. Jika terjadi, sebisa mungkin dibahas di luar grup, atau secara jalur pribadi. Jika tidak bisa diselesaikan, pisahkan mereka di grup yang berbeda.
.
16. Dalam diskusi dan debat, jangan cepat ber-reaksi. Kenali maksud di belakang sebuah pernyataan, jangan terpaku pada redaksinya. Pastikan admin menanggapi semuanya berdasar Firman Tuhan. Jika admin merasa ragu, jangan malu bertanya kepada rekan pemimpin lainnya.
.
17. Sebagai admin dan pemimpin dituntut banyak komitmen. Tapi admin tidak boleh menuntut hal yang sama kepada member yang belum bertumbuh. Kenali dan fahami masing-masing “domba” di grup.
.
18. (ada ide/ masukan ???)

Leave a Comment

Leave a comment